Tuesday, December 6, 2011

Dunia Event Organizer

Yah akhirnya ini gw jadikan Tema setelah sekian lama gw menggeluti dunia ini. Mungkin tidak semua orang tau tentang dunia Event Organizer secara mendalam dan disini gw ingin cerita singkat pengetahuan gw tentang dunia ini.

Gw sendiri sebenarnya sudah ada di dunia ini sejak 5 tahun yang lalu. Namun mungkin secara mendalam gw baru mempelajari apa itu "Dunia Event Organizer" setelah setahun ini.

Di dalam dunia komunikasi seperti ini ada 2 hal yang bersangkutan, yaitu:

ATL (Above the Line)
Bidang jasa yang bergerak di dunia advertising dan menggunakan media lainnya seperti media cetak sampai elektronik. Dan basicnya ini adalah media yang dapat di hitung seperti iklan di tv oleh AGB Nielsen Media Research (walaupun sekarang ini sedang dipertanyakan kebenarannya).

BTL (Below the Line)
Berbeda dengan ATL, BTL adalah strategi marketing atau promosi yang berhubungan langsung dengan Konsumen. Dan biasanya dia melalui pendekatan seperti promo, sampling, dsb. BTL inilah yang di arrange sebagai event untuk pengenalan Produk (bisa berupa barang atau jasa bahkan pesan)

Dan karena 2 hal diatas itu bersangkutan maka sekarang ini terdengarlah istilah TTL (Through the Line) dimana menggabungkan kedua hal tersebut menjadi satu jalur. Dan inilah yang sering terjadi di dunia MARCOMM saat ini.

Penjelasan singkat ini menjadi suatu "kuncian" ilmu yang akan kita pegang nantinya sebelum terjun lebih jauh di dunia ini. Ini adalah Basic yang sangat amat mendasar tentang dunia Event Organizer.

No comments:

Post a Comment