Wednesday, November 21, 2018

Lingkup Kerja Event Organizer


13 Tahun di dalam dunia creative organizer baik berbasis komunikasi promosi dengan dunia digital maupun sebuah acara. Mungkin kali ini gua sebagai seorang konseptor di salah satu event akan kasih tau beberapa lingkup pekerjaan dalam dunia Event Organizer. Agar yang masih cukup awam dengan dunia pekerjaan event organizer ataupun yang baru mau masuk dan mencobanya bisa sedikit tahu.

Benar adanya jika event organizer atau yang sering disebut dengan singkatannya saja EO adalah pekerjaan yang mengatur sebuah acara, tapi benarkah hanya acara yang dengan menggunakan panggung saja? tentu tidak ada banyak sekali kegiatan baik secara ide personal maupun perusahaan yang menggunakan jasa EO. Beberapa saya jabarkan di bawah ini :

EVENT BY INISIATIVE PROJECT
Event yang tercipta dari hasil pemikiran sendiri baik secara individual maupun komunitas, biasanya yang terlahir dari idenya adalah event yang terbentuk lebih simbolik ataupun filosofis dibandingkan event lainnya karena biasanya event-event seperti ini mempunyai tujuan yang bersuara untuk orang banyak atau kepentingan orang banyak. Bahkan event seperti 212 pun dapat dibilang inisiative project. Biasanya event seperti ini menyangkut hobby, budaya, dan social sepert charity, untuk pelaksanaannya pun bisa mendapatkan bantuan banyak dari berbagai pihak, seperti tempat acara sampai peralatan yang dibutuhkan dan juga tentunya bantuan promosi dari berbagai pihak.

EVENT BY BRAND PRODUCT
Nah, event ini hampir sama dengan komunitas tapi ada beberapa memang yang berbeda, karena setiap brand mempunyai target marketing dan tujuan komunikasi yang berbeda-beda. Ada yang berbentuk konser musik , exhibition selling dan memperkenalkan product baru dengan hiburan, bahkan booth-booth pameran kecil dari produk yang biasa ada di mega market seperti GIANT, CAREFOUR, dan sejenisnya biasanya di-handle oleh EO. Perusahaan atau produk yang mempergunakan EO karena biasanya mereka membutuhkan ide kreatif dari cara promosi sampai kepada gambar desain kebutuhan acara seperti gambar booth sampai merchandise. Dan biasanya posisi saya mengerjakan ide tersebut dari promosi sampai kepada ide boothnya seperti apa yang akan dikerjakan oleh tim desain, dan semua kegiatan ini biasanya disebut dengan Activation atau bisa juga Launching product disambut dengan press conference.

Di bawah ini contoh Activation terakhir yang saya buat dari konsep event saya untuk brand Gudang Garam International – PRIA PUNYA SELERA


CORPORATE EVENT
Apa bedanya dengan sebelumnya? Kalau yang ini lebih focus kearah perusahaannya dan bukan produknya. Lebih kearah internal perusahaan. Biasanya dalam kasus ini saya membuat konsep untuk kepentingan perusahaan, baik perayaan awarding karyawan, konsep liburan mereka, sampai dengan konsep meeting tahunan. Tentu saja ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya sebagai konseptor, berbeda dengan ide produk dan konsumen yang lebih bebas walau tidak sebebas dan seliar inisiatif. Konsep untuk acara ini biasanya lebih baku dan ide yang saya berikan haruslah grande untuk memuaskan perusahaan secara internal atau bahkan dengan dana yang terbatas saya tetap diminta memberikan ide yang luar biasa “menurut mereka” karena selera orang terbatas.

Inilah 3 gambaran besar lingkup pekerjaan dari dunia Event Organizer baik yang murni EO ataupun dunia “Agency Creative” yang lebih focus dengan ide dan kemudian dijalankan oleh perusahaan event organizer. Sebenernya didalam tulisan ini masih banyak cabang-cabang pekerjaann yang terdapat di dalamnya, namun saya hanya berikan gambaran besar terlebih dahulu, dan saya akan buat detail di tulisan selanjutnya. Saya pun juga akan memberikan alasan bagi teman-teman yang putus sekolah namun masih ingin tetap berkerja ataupun berkarya tanpa putus asa dengan adanya event organizer.


Pekerjaan-pekerjaan inilah yang kadang menghabiskan 13 tahun hidup saya untuk focus mencari ide dan strategi baik dari promosi maupun step-by-step cara pekerjaannya di lapangan. Yang terkadang menuntut saya untuk berpikir lebih bahkan cenderung harus sedikit gila untuk mencari ide yang baru. Dihina karena mencoba hal-hal baru adalah sesuatu yang lumrah bagi saya karena saya tau saya harus memberikan sesuatu yang baru juga untuk setiap orang yang meminta jasa saya, walaupun untuk saya sendiri membuat konsep inisiatif atau event sendiri walaupun kecil adalah hal yang paling menyenangkan karena memuaskan sisi lain saya yang disebut IDEALIST.





No comments:

Post a Comment